Manfaat Berenang Bagi Tubuh

Tahukah Anda tentang  manfaat berenang ? Ya, olahraga air yang satu ini ternyuata memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita semua. Bila Anda suka dengan olahraga ini, patutlah anda bersyukur. Selain menyegarkan tubuh, ternyata dibalik manfaatnya bisa mmebuat tubuh menjadi sehat.
Renang adalahsalah satu olahraga yang dilakukan di air, memanfaatkan gerakan tangan dan kaki sehingga dapat mengapur & melaju  di permukaan air. Dalam olahraga ini terdapat macam – macam gerakan yang mudah untuk dilakukan contohnya : gaya kupu – kupu , gaya punggung , gaya bebas dsb 🙂 ( maklum yang ane tau cumak itu doang 😀 )
LANGSUNG SAJA :
Apa manfaat renang bagi tubuh kita? Berenang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Olah raga renang disarankan untuk anak-anak, dewasa bahkan untuk ibu hamil.
Renang bukan hanya sebagai suatu olah raga namun bisa untuk terapi. Renang merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi sehingga resiko cedera fisik kecil sekali.
Manfaat berenang bila dilakukan secara benar dan rutin antara lain :
1. Menguatkan otot
Ketika berenang hampir keseluruhan otot tubuh ikut bergerak. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi yang besar hingga akan menguatkan otot tubuh.
2. Meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru
Gerakan renang dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Sehingga bisa meningkatkan dan menguatkan fungsi jantung dan paru-paru. Maka jalur pernafasan pun menjadi bagus. Bagus sekali untuk terapi penderita asma.
3. Meninggikan badan
Berenang baik untuk menambah tinggi badan terutama bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Maka dari itu olah raga renang sangat dianjurkan bagi anak-anak.
4. Terapi untuk menghilangkan stress
Berenang bisa untuk menghilangkan stress atau ketegangan akibat pekerjaan, masalah sehari-hari dan lain-lain. Berenang membuat pikiran lebih tenang dan rileks.
Itulah beberapa manfaat renang bagi kesehatan tubuh kita. Mungkin anda ingin menambahkan beberapa manfaat berenang yang lain?
By ciciez

Leave a comment