Novel The Pilgrimage ( ziarah)

The pilgrimage (ziarah)

      Baru saja kuselesaikan membaca buku The Pilgrimage buah karya Paulo Coelho. Ya, seperti karya-karya Paulo Coelho yang lainnya, buku ini juga sarat dengan pertanyaan kritis dan penjiwaan. The Pilgrimage atau dalam bahasa indonesia berarti ziarah, sangat tepat dibaca pada hari-hari ini. Mengapa? karena hari-hari ini mendekati haji, peristiwa penting bagi umat Islam, dan juga sekaligus termasuk rukun Islam kelima. Kita lihat betapa banyak orang bergelar haji, namun kelakuannya sangat jauh dari nilai-nilai islam. Pun di banyak novel dan cerpen, sosok haji banyak dicitrakan “negatif”, bukan sosok yang bijak dan mengayomi (Kecuali sinetron haji sulam kali ya..hehehe).
       The Pilgrimage, menceritakan perjalanan Paulo dalam mencari pedang (yang sebenarnya niatannya untuk mencari kebanggaan atas pembuktian bahwa dia mampu, namun dia mendapatkan lebih dari itu : pengetahuan, kebijaksaaan, penguasaan diri) yang sarat dengan tradisi nasrani. Namun bagi muslim, tak ada salahnya mengambil hikmah, mengingat banyak pula dari orang islam yang melakukan ziarah (haji dan umroh) yang awalnya berniat mencari kebanggaan dan gelar, namun mendapatkan hal yang lebih dengan pengalaman spriritual yang didapatkan selama perjalanan ziarah tersebut. Mungkin nanti setelah membaca buku ini, untuk melengkapi bagaimana suatu perjalanan bisa mengantarkan kita pada pengalaman spiritual, bisa kita baca buku yang lain seperti berhaji dari thailand (pernah kulihat bukunya di toko buku), maupun etnografis perjalanan haji plus dari seorang peneliti (wah, siapa ya? aku lupa. seorang dosen metodologi pernah bercerita di kelas tentang si haji ini).
     Semoga komplitlah bekal kita (yang belum berhaji) untuk melakukan perjalanan ziarah ini dan mendapatkan lebih dari sekedar gelar, kebanggaan, dan pembuktian diri yang sebenarnya semua itu nothing. Baca buku dulu, pelajari ilmunya baru praktekkan. Semoga kita disegerakan untuk diundang oleh Allah subhanahu wa ta’ala ke Baitullah. Amin
Berikut salah satu bagian paling kusuka dari buku the pilgrimage, semoga bermanfaat :
“Ketika kau melakukan perjalanan, kau akan merasakan suatu kelahiran kembali dalam bentuk paling sederhana. Kau berhadapan dengan situasi-situasi baru, harimu akan berjalan lebih lambat, dan dalam sebagian besar perjalanan ini, kau akan menemui orang-orang berbahasa asing. Jadi, kau bagaikan bayi yang baru keluar dari rahim. Hal-hal di sekitarmu akan menjadi lebih penting karena kelangsungan hidupmu tergantung pada hal-hal tersebut. Kau juga akan lebih terbuka terhadap orang lain karena mungkin mereka akan bisa membantumu di kala kesukaran. Dan kau akan menerima setiap karunia Tuhan dengan kebahagiaan tiada tara, seakan karunia itu salah satu episode hidupmu yang terpenting. Di saat yang sama, karena segala sesuatu terasa baru, kau hanya akan melihat keindahan, dan kau akan merasa bahagia bisa hidup. Inilah alasan ziarah spiritual menjadi jalan untuk mencapai pencerahan.”
Ada lagi bagian yang lebih keren :
” Jalan yang sekarang kau tempuh adalah jalan kekuatan, dan hanya latihan melibatkan kekuatan yang akan diberikan padamu. Perjalananmu yang sebelum ini penuh dengan siksa karena yang kau ingikan hanyalah sampai ke tujuan, kini mulai menjadi kenikmatan. Inilah yang dinamakan kesenangan pencarian dan petualangan. Kaucoba meraih hal yang sangat penting – impianmu.”
“Kita tidak boleh berhenti bermimpi. Impian menyediakan nutrisi bagi jiwamu, seperti makanan bagi tubuh. Ada banyak momen dalam kehidupan kita saat impian tercerai dan harapan tak sampai, tapi kita harus terus bermimpi. Jika kita berhenti bermimpi, jiwa kita akan mati, dan agape (cinta) takkan pernah dapat mencapainya. Banyak darah tumpah di lapangan pertempuran di luar sana. Tak masalah siapa yang berada di pihak yang benar, yang terpenting keduanya bertempur untuk sesuatu yang mulia.”
“Pertempuran untuk kebaikan adalah pertempuran yang diminta hati kita. Pada masa kerajaan – zaman ksatria berbaju zirah – hal ini mudah dilakukan. Ada banyak sekali lahan untuk dikuasai. Namun kini dunia berubah drastis, dan pertempuran untuk kebaikan tak lagi berlangsung di medan pertempuran, tapi di hati kita masing-masing”.
“Pertempuran untuk kebaikan adalah pertempuran mewujudkan impian. Saat kita masih muda dan mimpi-mimpi kita meledak di dalam diri kita dengan segenap kekuatannya, kita menjadi sangat pemberani, tapi kita belum mengetahui cara bertempur. Melalui usaha yang keras, kita belajar bertempur, namun saat akhirnya kita bisa bertempur, kita kehilangan nyali untuk pergi bertempur. Jadi kita berbalik bertempur melawan diri sendiri. Kita menjadi musuh terburuk bagi diri sendiri. Kita akan mengatakan mimpi-mimpi itu kekanak-kanakan, atau terlalu sulit diwujudkan, atau impian itu ada karena kita belum belajar banyak tentang kehidupan. Kita membunuh impian karena takut berjuang dengan sekuat tenaga.”
“Gejala awal kita berada dalam proses membunuh impian adalah keterbatasan waktu. Orang-orang sibuk yang pernah aku kenal dalam hidupku selalu memiliki cukup waktu melakukan semua hal. Mereka yang tak pernah melakukan apapun selalu merasa letih dan tak memperhatikan pekerjaan mereka yang berbeban sedikit. Mereka terlampau mengeluh hari terlalu singkat. Sebenarnya, mereka hanya takut berjuang dengan sekuat tenaga.”
“Gejala kedua impian kita mulai mati terletak dalam keyakinan kita. Karena kita tak ingin lagi memandang hidup sebagai petualangan hebat, kita lalu memandang diri sendiri bijaksana dan adil serta benar karena sedikit sekali mempertanyakan hidup. Kita melihat hal-hal yang terbentang di balik kehidupan sehari-hari, dan mendengar suara perisai bersahutan, membaui segala debu dan keringat serta melihat kekalahan besar dan api semangat yang terpancar dari mata para kesatria. Namun kita tak pernah menangkap kebahagiaan, kebahagiaan tak terkira yang timbul di hati para pejuang di medan perang. Bagi mereka, kalah atau menang menjadi tak penting, yang paling penting adalah kau bertempur untuk membela kebaikan.”
“Dan, yang terakhir, gejala ketiga kita melepaskan impian adalah kedamaian. Hidup seperti minggu sore, kita tak lagi menginginkan sesuatu yang luar biasa, dan kitapun tak lagi meminta sesuatu lebih dari apa yang kita berikan. Saat ini terjadi, kita berpikir inilah yang disebut dewasa, kita melupakan impian masa muda, dan kita mencari pencapaian pribadi dan professional. Kita akan terkejut mengetahui orang seumur kita masih menginginkan banyak hal dalam hidup mereka. Namun jauh di lubuk hati, kita tahu yang sungguh terjadi adalah kita menyerah bertempur demi mimpi kita – kita menolak bertempur demi kebaikan. Saat kita berhenti bermimpi dan menemukan kedamaian, kita akan merasakan kedamaian singkat. Namun impian yang tak tercapai itu membusuk dan mempengaruhi seluruh kehidupan kita. Kita menjadi kejam terhadap orang di sekitar kita, kemudian mengarahkan kekejaman ini berbalik melawan kita. Itulah saat penyakit dan depresi melanda. Apa yang kita hindari dalam pertempuran -kekecewaan dan kekalahan- hadir karena kepengecutan kita sendiri. Dan suatu hari, impian yang mati dan rusak ini akan membuat dada sesak, dan kita jadi mencari kematian. Kematian akan membebaskan kita dari segala kepastian, pekerjaan, dan kedamaian semu minggu sore kita”.
Advertisements
By ciciez

Kritikan untuk Guru TIK

This slideshow requires JavaScript.

Dia adalah guru favorit  saya…
Seorang guru yang mempunyai selera humoris
ngak selalu bikin jenuh , garing apalagi kriuk saat pelajaran dimulai maupun tidak.
Ngak banyak aturan, bebas asal sewajarnya saja.
Oh ya, orangnya juga Frendly kok alias enak diajak ngomong,
ngak kebanyakan guru – guru yang lainnya.
.
Mungkin ini saja yang bisa aku keluarkan untuk Bu Laily.
Sebelumnya Aku minta maaf Bu kalok ada salah – salah kata  🙂

By ciciez

Biodata Goyang Caesar ~YKS~

Akhirnya dari sekian lama tidak memposting lagi , kali ini saya akan mengasih sedikit informasi mengenai goyangan yang baru – baru ini fenomenal yaitu Goyang Caesar YKS
.
Langsung saja ya cekidot ~~~

Pengalaman Caisar si Mr Keep Smile sebelum terkenal lewat program sahur di Trans TV memang cukup sulit. Pemilik nama asli Caisar Putra Aditya itu pernah menjalani beberapa profesi, termasuk menjadi tukang ojek.
Caisar yang tenar lewat goyangan Caisar style yang ia ciptakan sendiri itu menuturkan, dirinya mendapat penghasilan Rp 40 ribu sekali ngojek.
“Dulu saya mah nggak kuliah karena orangtua kan anaknya banyak. Saya ngojek dapet Rp 40 ribu sehari itu. Buat tambahan uang jajan aja,” ucap Caisar ditemui wartawan baru-baru ini.

Profil dan Biodata Cesar YKS

caesar

Namun, seperti apa sebenarnya Caisar bisa terjun ke dunia hiburan? Caisar mengungkapkan dirinya bisa menjadi asisten pelawak Yadi Sembako lewat jasa sang kakak.

“Abang saya nomor 4, mas Wawan kerjanya memang jadi manajer beberapa komedian. Saya waktu itu dikenalin sama Bang Yadi, akhirnya jadi asisten dia. Lalu setelah itu jadi asisten Bang Budi Anduk, dan terakhir bang Bopak,” katanya.

Dari situ, Caisar itu pun mulai kerap wara-wiri di televisi. Hingga akhirnya Caisar ditarik menjadi co host ‘Show Imah’ besama Yadi.

Singkat cerita, Ramadan akhirnya membawa berkah untuk Caisar. Lewat program ‘Yuk Kita Sahur’ Trans TV, Caisar benar-benar bersinar.

Kini berapa pendapatan Caisar sekali tampil? Pria bertinggi 172 senti meter itu tampak malu-malu mengungkapkan penghasilannya kini.

“Alhamdulillah ada banget. Yang jelas lebih dari dulu,” tukasnya.

Caisar benar-benar mendadak sibuk selama Ramadan ini. Si Mr Keep Smile di acara ‘Yuk Kita Sahur’ Trans TV itu bahkan mengaku hanya bisa tidur selama satu jam selama Ramadan.

“Sekarang tidurnya satu jam ya. Soalnya padat banget jadwalnya,” ungkap Caisar ditemui di Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.

Mantan asisten Yadi Sembako itu memang rutin mengisi acara sahur ini dengan goyangan Caisar Style yang diciptakannya sendiri. Praktis, waktu istirahat pria bernama asli Caisar Putra Aditya itu menjadi sangat berkurang.

“Pasti capek sih ya. Tapi gimana kita menjaga kesehatan aja gimana gitu,” jelasnya.

Sebelum Ramadan tiba, Caisar lebih banyak tampil di ‘Show Imah’. Namun Caisar mengaku tak pernah menyangka bisa sesibuk sekarang ini.

“Nggak boleh beban ya. Tetep semangat. Ini berkah Ramadan,” tandasnya.

Caisar sebelumnya pernah menjalani beberapa profesi. Lata belakangnya yang berasal dari keluarga sederhana membuat Caisar harus kerja keras menyambung hidup.

Sumber : Goggle.

By ciciez

Fenomena “PELANGI”

Kali ini saya akan mmeberi sedikit informasi mengenai “PELANGI”
mungkin banyak yang sudah maupun belum mengetahui apa itu pelangi. 😀
tapi, apakah kalian tahu bagaimana proses terjadinya pelangi ?
untuk itu..mari kita ulas dan kupas semua tentang “PELANGI” cekidott…

Pelangi atau bianglala adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.
Pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari oleh tetesan air yang ada di atmosfir. Ketika sinar matahari melalui tetesan air, cahaya tersebut dibengkokkan sedemikian rupa sehingga membuat warna-warna yang ada pada cahaya tersebut terpisah. Tiap warna dibelokkan pada sudut yang berbeda, dan warna merah adalah warna yang paling terakhir dibengkokkan, sedangkan ungu adalah yang paling pertama.

tahukah kalian bagaimana pelangi itu bisa terbentuk ?
berikut ini penjelasannnya :

Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.
Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut spektrum. Di dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu sisi dan biru serta ungu di sisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang.
Pelangi tidak lain adalah busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air.
Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada warnanya. Warna-warna pada pelangi ini tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi.
Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari dibekalang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.
Pelangi adalah salah satu fenomena optik yang terjadi secara alamiah dalam atmosfir bumi. Dalam fisika, warna-warna lazim diidentifikasikan dari panjang gelombang. Misalnya, warna merah memiliki panjang gelombang sekitar 625 – 740 nm, dan biru sekitar 435 – 500 nm. Kumpulan warna-warna yang dinyatakan dalam panjang gelombang (biasa disimbolkan dengan λ) ini disebut spektrum warna. Warna-warna ini adalah komponen dari cahaya putih yang disebut cahaya tampak (visible light) atau gelombang tampak. Komponen lainnya adalah cahaya yang tidak tampak (invisible light), seperti inframerah (di sebelah kanan warna merah) dan ultraviolet (di sebelah kiri jingga). Sinar putih yang biasa kita lihat (disebut juga cahaya tampak atau visible light) terdiri dari semua komponen warna dalam spektrum di atas – tentu saja ada komponen lain yang tidak terlihat, disebut invisible light.
Alat paling sederhana yang sering dipakai untuk menguraikan warna putih adalah prisma kaca. Sebuah prisma kaca menguraikan cahaya putih yang datang menjadi komponen-komponen cahayanya. Di alam ini tidak hanya prisma yang bisa menguraikan cahaya. Selain itu. tetesan air dari air hujan adalah salah satu contoh benda yang tersedia di alam yang bisa menguraikan cahaya putih. Ketika seberkas cahaya putih mengenai setetes air, tetesan air ini berprilaku seperti prisma. Dia menguraikan sinar putih tadi sehingga terciptalah warna-warna pelangi. Setetes air berprilaku seperti prisma ketika menerima seberkas cahaya putih. Cahaya tersebut sebagian dipantulkan ke arah pengamat, sebagian lagi diteruskan. Warna dalam pelangi seperti blok-blok yang lebar dikarenakan kita hanya melihat satu warna untuk satu tetesan air. Cahaya matahari yang diuraikan oleh tetesan air A hanya sampai ke mata kita pada panjang gelombang warna merah. Sementara itu, tetesan air B memberikan panjang gelombang warna ungu. Tetesan-tetesan air di antaranya memberikan masing-masing satu panjang gelombang pada mata kita. Sehingga pada akhirnya si pengamat melihat pelangi dengan warna yang lengkap.
Kita hanya bisa melihat pelangi maksimal setengah lingkaran. Untuk melihat pelangi utuh satu lingkaran, maka kita harus berdiri di tempat yang lebih tinggi.

sudah jelas di ketahui bahwa pelangi berbentuk lingkaran, bukan parabola seperti anggapan beberapa orang. Di tanah, kita hanya melihat maksimal pelangi setengah lingkaran. Kalau kita berdiri di atas hujan, misalnya di pesawat terbang, maka kita bisa melihat pelangi satu lingkaran utuh. Ini semua disebabkan oleh geometri optik dalam proses penguraian warna. Dengan geometri optik ini juga kita bisa menjelaskan garis lurus yang melewati mata kita dan matahari juga melewati titik pusat lingkaran pelangi. Karena pelangi tercipta melibatkan jarak pengamat dengan tetesan air, maka pelangi selalu bergerak mengikuti pergerakan pengamat. Ini membuat jarak kita dengan pelangi konstan (sama), dengan kata lain kita tidak pernah bisa mendekati pelangi

By ciciez

TIPE HUTAN INDONESIA

Tipe atau formasi hutan sebagai hasil dari pengaruh faktor edafik dan iklim secara garis besar dapat dibedakan menjadi :

Hy semuanya !!!:)
maaf y.  udah lama nggak mosting nih :)
lagi sibuk sama sekolah ..hihihiihi

dalam kesempatan kali ini, aku ingin ngasih sedikit saja hal-hal yang mengenai ‘TIPE HUTAN KITA’

a.Hutan payau (mangrove)


ciri umum antara lain sebagai berikut :
– Tidak terpengaruh iklim;
– Terpengaruh pasang surut,
– Tanah tergenang air laut, tanah lumpur atau pasir, terutama tanah liat;
– Tanah rendah pantai;
– Hutan tidak mempunyai strata tajuk;
– Tinggi pohon dapat mencapai 30 m;
– Tumbuh di pantai merupakan jalur.

b. Hutan rawa (swamp forest)


ciri umum antara lain sebagai berikut :
– Tidak terpengaruh iklim;
– Tanah tergenang air tawar;
– Umumnya terdapat di belakang hutan payau;
– Tanah rendah;
– Tajuk terdiri dari beberapa strata;
– Pohon dapat mencapai tinggi 50 – 60 m;
– Terdapat terutama di Sumatera dan Kalimantan mengikuti sungai-sungai besar.

c. Hutan pantai


ciri umum antara lain sebagai berikut :
– Tidak terpengaruh iklim;
– Tanah kering (tanah pasir, berbatu karang, lempung);
– Tanah rendah pantai;
– Pohon kadang-kadang ditumbuhi epyphit
– Terdapat terutama di pantai selatan P. Jawa, pantai barat daya Sumatera dan pantai Sulawesi.

d. Hutan Gambut (peat swamp forest)


ciri antara lain sebagai berikut :
– Iklim selalu basah;
– Tanah tergenang air gambut, lapisan gambut 1 – 20 m;
– Tanah rendah rata;
– Terdapat di Kalimantan Barat dan Tengah, Sumatera Selatan dan Jambi.

e. Hutan Karangas (heath forest)


ciri antara lain sebagai berikut :
– Iklim selalu basah;
– Tanah pasir, podsol;
– Tanah rendah rata; .
– Terdapat di Kalimantan Tengah.

f. Hutan Hujan Tropis (tropical rain forest)


ciri umum antara lain sbb :
– Iklim selalu. basah;
– Tanah kering dan bermacam-macam jenis tanah;
– Terdapat di pedalaman yang selanjutnya dapat dibagi lagi menurut keting­gian daerahnya, yaitu :
(1) hutan hujan bawah, terdapat pada tanah rendah rata atau berbukit dengan ketinggian 2 – 2000 m dpl.;
(2) hutan hujan tengah, terdapat pada dataran tinggi dengan ketinggian 1000 – 3000 m dpl.;
(3) hutan hujan atas, terdapat di daerah pegunungan dengan ketinggian 3000 – 4000 m dpl.;
– Tipe hutan ini terdapat terutama di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Irian Jaya.

g. Hutan musim (monsoon forest)

ciri umum antara lain sebagai berikut :
– Iklim musim;
– Tanah kering dan bermacam-macam jenis tanah;
– Terdapat di pedalaman yang sdanjutnya dapat dibagi lagi menurut ketinggian, yaitu :
(1) hutan musim bawah terdapat pada ketinggian 2 – 1000 m dpl.;
(2) hutan musim tengah atas terdapat pada ketinggian 1000 – 4000 m dpl.;
– Terdapat secara mozaik diantara hutan hujan di Jawa dan Nusa Tenggara.
Semoga Bermanfaat 🙂

By ciciez

Hiu Dalam Mitologi & 10 Jenis Hiu Terbesar di Lautan

Hiu atau cucut adalah sekelompok (superordo Selachimorpha) ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap dan tubuh yang ramping. Mereka bernapas dengan menggunakan lima liang insang (kadang-kadang enam atau tujuh, tergantung pada spesiesnya) di samping, atau dimulai sedikit di belakang, kepalanya.
Hiu mempunyai tubuh yang dilapisi kulit dermal denticles untuk melindungi kulit mereka dari kerusakan, dari parasit, dan untuk menambah dinamika air. Mereka mempunyai beberapa deret gigi yang dapat digantikan.
Hiu mencakup spesies yang berukuran sebesar telapak tangan hiu pigmi, Euprotomicrus bispinatus, sebuah spesies dari laut dalam yang panjangnya hanya 22 cm, hingga hiu paus, Rhincodon typus, ikan terbesar, yang bertumbuh hingga sekitar 12 meter dan yang, seperti ikan paus, hanya memakan plankton melalui alat penyaring di mulutnya. Hiu banteng, Carcharhinus leucas, adalah yang paling terkenal dari beberapa spesies yang berenang di air laut maupun air tawar (jenis ini ditemukan di Danau Nikaragua, di Amerika Tengah) dan di delta-delta.

Hiu dalam mitologi

Hiu sangat menonjol dalam mitologi Hawaii. Ada cerita-cerita tentang manusia hiu yang mempunyai rahang hiu di belakang mereka. Mereka dapat berubah bentuk antara hiu dan manusia pada waktu-waktu yang mereka inginkan.

Sebuah tema umum dalam cerita-cerita ini adalah bahwa manusia-manusia hiu ini akan memperingatkan orang-orang yang ke pantai bahwa di perairan itu terdapat hiu. Orang-orang yang ke pantai itu akan menertawai dan mengabaikan peringatan-peringatan mereka dan akan tetap berenang, dan karena itu kemudian mereka dimakan oleh manusia hiu yang sama, yang memberikan peringatan kepada mereka agar tidak turun ke air.
Mitologi Hawaii juga mengandung banyak dewa hiu. Mereka percaya bahwa hiu adalah penjaga samudra, dan mereka disebut Aumakua:
Kamohoali’i – Dewa hiu yang paling terkenal dan dihormati. Ia lebih tua dan menyukai saudara dari Pele, dan menolong serta berjalan bersamanya ke Hawaii. Ia mampu mengambil rupa manusia dan ikan. Sebuah tebing yang tinggi di kawah Kilauea dianggap sebagai salah satu tempatnya yang paling suci. Di salah satu tempat itu, ia mempunyai sebuah he’iau (kuil) yang dipersembahkan baginya di setiap potong tanah yang menjorok ke laut di pulau Moloka’i.
1.)Ka’ahupahau – Dewi ini dilahirkan sebagai manusia, dengan ciri khasnya karena rambutnya yang merah. Ia belakangan berubah ke dalam bentuk hiu dan diyakini melindungi rakyat yang hidup di O’ahu dari ikan-ikan hiu. Ia juga diyakini hidup dekat Pearl Harbor.
2.)Kaholia Kane – Ini adalah dewa hiu dari ali’i Kalaniopu’u dan diyakini tinggal di sebuah gua di Puhi, Kaua’i.
Kane’ae – Dewi hiu yang berubah menjadi manusia agar dapat mengalami suka cita menari.
3.)Kane’apua – Yang paling umum, ia diyakini sebagai saudara laki-laki dari Pele dan Kamohoali’i. Ia adalah dewa yang suka mempermainkan orang yang melakukan banyak tindakan kepahlawanan, termasuk menenangkan dua bukit legendaries yang konon bertabrakan sehingga menghancurkan perahu-perahu yang berusaha melewatinya.
4.)Kawelomahamahai’a – Asalnya manusia, ia kemudian diubah menjadi hiu.
5.)Keali’ikau ‘o Ka’u – Ia adalah sepupu dari Pele dan anak laki-laki dari Kua. Ia disebut pelindung rakyat Ka’u. Ia pernah mengadakan hubungan dengan seorang gadis manusia, yang melahirkan seekor hiu hijau.
6.)Kua – ini adalah dewa hiu yang utama dari rakyat Ka’u, dan diyakini merupakan nenek moyang mereka.
Kuhaimoana – Ia adalah saudara laki-laki dari Pele dan tinggal di pulau Ka’ula. Panjangnya konon 55 m dan merupakan suami dari Ka’ahupahau.
7.)Kauhuhu – Ia adalah raja hiu yang kejam yang hidup di sebuah gua di Kipahulu di pulau Maui. Kadang-kadang ia pindah ke gua yang lain di sisi angin bertiup dari pulau Moloka’i.
8.)Kane-i-kokala – Sejenis dewa hiu yang menyelamatkan orang-orang yang karam kapalnya dengan membawa mereka ke pantai. Orang-orang yang menyembahnya tidak mau memakannya, menyentuh atau melintasi asap kokala, ikannya yang suci.
Dalam budaya-budaya Samudra Pasifik lainnya, Dakuwanga adalah dewa hiu yang juga merupakan pemakan jiwa-jiwa yang tersesat.
Di Yunani kuno, orang dilarang makan daging hiu pada festival-festival perempuan.

Mitos

Ada mitos yang populer bahwa hiu kebal terhadap penyakit dan kanker; namun hal ini tidak benar. Ada penyakit dan parasit yang mempengaruhi hiu. Bukti bahwa hiu setidak-tidaknya tahan terhadap kanker dan penyakit boleh dikatakan hanya anekdot dan kalaupun ada, sedikit sekali studi ilmiah atau statistik yang membuktikan bahwa hiu dapat meningkatkan kekebalan terhadap penyakit.
 
Langsung saja !!
10 Jenis Hiu Terbesar di Dunia

Terdapat 360 species yang terbagi dari 8 kelas ikan hiu. Beberapa jenis ikan-ikan hiu adalah pemangsa (predators) dan ada juga yang benar-benar jinak. Bentuk dari hiu ini pun berwariasi, ada yang besar, ada juga yang kecil. Di sebabkan manusia sangat terkesan dengan hal ‘ukuran’, ane yang hoby dengan ikan hiu pun sengaja membuat sebuah ringkasan dalam bentuk bahasa indonesia dari berbagai situs internet menggunakan mesin pencari hebat (Google) tentang 10 jenis ikan hiu terbesar di dunia.

10. Bigeye Thresher Shark

Jenis ikan hiu Bigeye Thresher, Alopias superciliosus, menempati urutan ke- 10 jenis hiu terbesar di dunia. Hiu jenis Bigeye Thresher dapat di temukan di daerah laut khatulistiwa dunia dan dapat di temukan di kedalaman 1650 kaki di dasar laut. Hiu Bigeye Thresher mempunyai ciri khas berwarna abu keunguan dan dapat hidup sepanjang 15.1 kaki dan mencapai besar hingga 795 lbs (360.60 kg).

9. Bluntnose Sixgill Shark

Hiu Bluntnose Sixgill, Hexanchus griseus, adalah jenis hiu ke- 9 terbesar di dunia dan sering di kenal dengan hiu sapi. Hiu Bluntnose Sixgill adalah jenis dari family Hexanchidae; Kebanyakan jenis dari saudara hiu ini sudah punah. Warna dari jenis hiu ini pun berwariasi dari warna coklat hingga mendekati hitam. Hiu- hiu ini dapat hidup hingga sepanjang 15.8 kaki, tetapi hiu lebih besar dari ini pernah terlihat.

8. Thresher Shark

Hampir serupa dengan ‘abang kecil nya, Bigeye Thresher Shark’, adalah jenis keturunan hiu besar yang dapat hidup sepanjang 18 kaki. Ini yang menyebabkan hiu Thresher menduduki posisi ke 8 hiu terbesar dunia. Hiu ini biasa nya hidup di perairan laut khatulistiwa dunia. Hiu Thresher seringkali terlihat ‘ramping’ tetapi jangan tertipu oleh muslihat nya, karena hiu ini dapat mencapai berat hingga 1100 lbs (498.95 kg)

7. Great Hammerhead Shark

Great Hammerhead, Sphyma mokarran adalah hiu terbesar dari semua jenis hiu hammerhead yang dapat hidup sehingga 20 kaki. Great Hammerheads dapat di temukan di seluruh dunia layaknya hiu – hiu yang hidup di perairan khatulistiwa. Berbeda dengan hiu lainnya, hiu Great Hammerhead ini merasa manusia sebagai bahaya, mereka (Great Hammerheads) bersifat sedikit ‘lebih pemalu’ di banding hiu – hiu lain, dan sering kali merasa menghindari manusia. Hiu Great Hammerhead terbesar yang pernah di tangkap oleh manusia adalah jenis betina dengan berat 1280 lbs (580,59 kg).

6. Greenland Shark

Hiu Greenland Shark dengan nama latin Somniosus Microcephalus atau di kenal dengan ‘sleeper shark’, ‘gurry shark’, ground shark’, ‘grey shark’ atau ‘ Inuit Eqalussuaq. Hiu ini adalah hiu yang besar dan dapat di temukan di sekitar perairan Atlantic utara, terlebih banyak di dekat Greenland dan Iceland. Hiu jenis ini dapat hidup sepanjang 21 kaki dan hidup selama 200 tahun! Mereka (Greenland) terkenal dengan binatang bertulang punggung yang pernah hidup terlama. Greenland cenderung hidup di kedalaman 6600 kaki di bawah permukaan laut, akan tetapi hiu Greenland ini pernah tertangkap kamera di laut dangkal serendah 24 kaki! Bayangkan!

5. Pacific Sleeper Shark

Hiu Pacific Sleeper, Somniosus pacificus, adalah hiu berat lainnya yang dapat hidup sepanjang 23 kaki dan berat hingga 800 lbs (362,87 kg). Satu hal yang membuat hiu jenis ini menarik adalah mereka adalah salah satu dari sedikit jenis hiu yang dapat di temukan di daerah bertemperatur rendah (daerah menghadap kutup). Hal lain nya adalah mereka biasanya hidup di laut dalam, dengan kedalaman hingga 6500 kaki di bawah permukaan laut.

4. Tiger Shark

Tiger Shark, Galeocerdo Cuvier menempati urutan ke 4 hiu terbesar di dunia dengan panjang hingga 24.3 kaki! Hiu besar ini mampu hidup sehingga 2000 lbs (907,18 kg) dan terkenal sangat terkenal dengan kekejamannya!! Tidak hanya memakan semua jenis kehidupan laut, tetapi mereka (Tiger) juga terkenal dengan menyerang perenang. Sesuai namanya, hiu ini sangat mirip dengan corak harimau, mereka biasanya hidup di daerah peairan khatulistiwa dunia tetapi lebih cenderung di sekitar peairan Pacific.

3. Great White Shark

Great White Shark, Carcharodon Carcharias, adalah salah satu dari hiu yang terganas di dunia. Hiu ini dapat hidup sepanjang 26.2 kaki dan berat hingga 5000 lbs (2267.96 kg) !!! Hiu Great White adalah hiu terakhir dari jenis species, Carcharodon. Malangnya untuk kita sebagai manusia, hiu ini dapat di temukan di dekat pantai di semua lautan, jadi jika agan-agan sekalian lagi liburan, pastikan anda tidak berenang bersama jenis ini!

2. Basking Shark

Hiu Basking, Cetorhinus Maximus adalah salah satu hiu yang sangat besar dan menjadikan hiu basking ini menempati posisi ikan hiu terbesar ke 2 dunia. Hiu basking ini dapat hidup sepanjang 40 kaki dan pernah tertangkap dengan berat hingga 19 tons! Akan tetapi meskipun berbadan besar, hiu jenis ini cenderung lambat dan bukanlah predator alias pemangsa.

1. Whale Shark

Whale Shark, Rhincodon Typus adalah hiu TERBESAR di dunia! Meskipun besar, hiu paus (Whale Shark) ini juga bukanlah pemangsa sama seperti hiu basking, mereka adalah hiu yang bergerak lambat yang hanya memakan ‘phytoplankton’ atau binatang yang sangat kecil yang hidup di laut. Hiu paus ini dapat hidup sehingga 41 kaki dan berat hingga 15 tons!. Hiu paus ini sama seperti hiu lain nya yang dapat di temukan di sekitar laut khatulistiwa dan perairan yang hangat; Species yang berasal dari kehidupan 60 juta tahun yang lalu ini mampu hidup hingga 70 tahun lamanya.

By ciciez

Monumen – Monumen Paling Misterius Sepanjang Sejarah

Sejumlah tempat di berbagai belahan dunia, terdapat sejumlah monumen yang keberadaan masih misterius karena para ilmuwan belum berhasil menyingkap tuntas tentang latar belakang benda-benda bersejarah itu. Hanya 12 monumen yang dianggap paling misterius di dunia. Semuanya sangat dikenal di dunia tapi tidak ada yang tahu persis latar belakang bangunan itu berdiri.

Kebanyakan monumen-monumen itu tidak utuh lagi,yang hanya menyisakan kisah-kisah misterius yang tak terkonfirmasi. Sebut saja Homestead, Florida dan Yonaguni, Jepang terselubung misteri hingga kini.

Tidak ada yang tahu persis mengapa Stonehenge dibangun, bagaimana bangunan itu tenggelam jauh di dalam laut, siapa yang memesan dan membuat ukiran batu granit raksasa yang berisi instruksi untuk membangun kembali masyarakat di sebuah bukit terpencil di Georgia. Ini semua masih berselimut kabut tebal. Mungkin suatu waktu akan terungkap, atau mungkin kabut itu tak akan pernah tersingkap sama sekali.

Berikut 12 monumen/reruntuhan monumen yang paling misterius sepanjang sejarah

1.Monumental Instructions for the Post-Apocalypse

Di sebuah bukit kecil di timur laut tandus Georgia berdiri monumen paling paling aneh dan misterius di dunia. Namun melihat dari arsitektur bangunan, monumen itu tidak diciptakan pada zaman kuno

Dikenal sebagai ‘Georgia Guidestones’, lima struktur batu ini tingginya16 feet, dengan berat 20-ton. Pada bongkahan granit ada tulisan dalam delapan bahasa – di antaranya bahasa hieroglif Mesir, Hindi dan Swahili – dengan instruksi agar yang selamat membangun kembali peeradaban baru di bumi. Apakah instruksi dalam delapan bahasa itu berkaitan dengan ramalan kiamat? Ini yang masih belum jelas. Tidak jelas juga perintah ini ditujukan untuk siapa. Lebih tidak jelas lagi, siapa yang membangun monumen aneh ini.

2. Danau Michigan Stonehenge

Awalnya, sekelompok peneliti menggunakan sonar untuk mencari bangkai kapal di dasar Danau Michigan, hasil yang didapat sungguh mengejutkan. Mereka justru menemukan struktur Stonehenge kuno 40 feet di bawah permukaan air. Sebagian dari batu tersebut dalam suatu lingkaran dan satu muncul untuk menunjukkan ukiran dari suatu MASTODON. Diduga, benda purbakala ini dibangun 10,000 tahun lalu, kemungkinan bertepatan dengan pasca-Ice Age kehadiran manusia dan mastodons di daerah. . Michigan sudah memiliki situs Petroglyph dan batu berdiri.

3. Reruntuhan di bawah laut di Jepang

Di pantai selatan Yonaguni, Jepang, terdapat reruntuhan yang terendam, diperkirakan telah berusia sekitar 8.000 tahun.
Though some people believed that it was carved by geographic phenomena, it’s now confirmed to be man-made as the intricate stairways, carvings and right angles suggest.
Meskipun sebagian orang percaya bahwa itu merupakan kreasi alam, namun sekarang muncul suara-suara yang menyebut itu buatan manusia. Hal itu terlihat dari susunan tangga yang rumit, ukiran-ukiran yang ada di sana yang diyakini sebagai buatan manusia. Situs ini ditemukan 1995 oleh seorang penyelam yang tersasar terlalu jauh dari pantai Okinawa. Kebetulan juga dia membawa camera untuk memotret bawah laut.

4.Keajaiban di bawah permukaan laut Alexandria, Mesir

Reruntuhan ini dipercaya merupakan kota Alexander Agung, di mana istana Cleopatra berada. Tenggelamnya kota itu diperkirakan terjadi 1.500 tahun lalu akibat gempa bumi dahsyat. Bersamaan dengan terbenamnya istana itu, tenggelam juga artefak-artefak yang menghiasi istana, serta bangunan-bangunan lain dari istana Cleopatra itu. Reruntuhan kota yang ditemukan di dasar laut ini, memang sengaja tidak diangkat ke daratan. Pemerintah setempat berencana menjadikannya lokasi ajaib bawah laut itu sebagai wisata air.

5.Misteri Stones Baalbek di Libanon


Kuil Romawi yang terbesar yang pernah dibangun dan kini tinggal reruntuhannya, sebenarnya bukan di Yunani atau Roma, tapi justru di Baalbek, Libanon. Kuil itu dihancurkan oleh Kaisar Bizantium Theodosius, beruntung tidak semua bagian musnah. Masih ada 6 dari 54 kolom, yang masih berdiri hingga kini. Enam kolom inilah menjadi saksi sejarah dan meninggalkan jejak mistri yang menunggu diungkap.
Meskipun sisa-sisa kemegahan kuil ini masih terlihat jelas, namun sebenarnyalah, kuil ini sempat terbengkalai akibat perang. Selama beberapa dekade, jarang sekali wisatawan berkunjung ke tempat ini akibat perang. Untungnya juga, perang tidak sampai menghancurkan kuil bersejarah ini.

6. Tiga Lingkaran Batu Kuno Megalithic

Di selatan Turki, tepat di utara perbatasan dengan Suriah, terdapat tiga lingkaran batu megalitik berusia ribuan tahun, lebih tua daripada batu lingkaran Stonehenge. Anehnya, lingkaran-lingkaran batu kuno ini dibangun oleh kelompok pemburu pada masa itu. Sebelumnya, dipercaya bahwa manusia purba tidak mungkin bisa membuat bangunan itu, sampai mereka mencapai taraf kemajuan tertentu.
Ketika ditemukan, lingkaran batu itu dalam keadaan terkubur. Tak ada yang tahu apa alasan atau latar belakang kenapa benda itu terkubur. Namun sebagian orang percaya bahwa Göbekli Tepe dan wilayah sekitarnya adalah awal dari sejarah manusia yakni lokasi Taman Eden sebagaimana yang dikisahkan dalam Alkitab..

7. Pulau Paskah

Pulau Paskah, juga dikenal sebagai Rapa Nui atau Isla de Pascua, adalah sebuah pulau Polinesia di tenggara Samudra Pasifik, yang paling terkenal dengan patung-patung yang monumental yang diciptakan oleh orang-orang Rapanui.
Patung-patung, yang disebut Moai, adalah bagian dari penyembahan leluhur pulau yang dilakukan oleh masyarakat setempat pada masa itu. Patung-patung itu diduga dibuat antara 1250 dan 1500 Masehi.
Moai terberat berbobot 86 ton. Ini menggambarkan betapa besar prestasi mereka yang mampu menciptakan rapanui, juga memindahkan patung-patung yang beratnya mencapai puluhan ton. Beruntung, patung-patung kuno ini sebagian masih bisa dilihat diRaraku, tetapi ratusan patung lainnya dipindahkan ke pulau-pulau sekitar.

8.Stonehenge, Monumen Prasejarah di Inggris

Mungkin monumen kuno yang terbilang masih dalam kondisi baik adalah Stonehenge, terletak di Wiltshire, Inggris. Bangunan purba ini diperkirakan dibangun 2500 sebelum masehi, namun kemudian mengalami revisi dan renovasi terus menerus selama 1400 tahun. Meskipun segala teori dan spekulasi dikemukakan, tapi tak seorang pun tahu apa tujuan awal dari monumen prasejarah ini dan tetap salah satu misteri terbesar bumi.

9.Machu Picchu

Machu Picchu adalah kota peninggalan bangsa Inca yang paling terawat baik. Kota kerajaan ini tersembunyi di pegunungan Andes Peru, berada di pegunungan yang tinggi dengan jalan yang terjal namun pada puncaknya datar. Sebuah lokasi, yang konon merupakan tempat pelarian bangsa Inca dari kejaran Spanyol.
Kota ini selama berabad-abad tersembunyi dan terisolasi dari dunia luar sampai kemudian seorang arkeolog, Hiram Bingham, menemukannya pada tahun 1911. Berdasarkan penelitian, diperkirakan kota Machu Picchu dibanun pada 1450 masehi sebagai tempat persembunyian penguasa Inca Pachacuti.

10.Great Zimbabwe Ruins

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa Zimbabwe, Afrika, memiliki reruntuhan batu kuno tertua di dunia. Lokasinya di pedesaan. Diduga, reruntuhan batu kuno itu dulunya adalah bangunan yang dihuni oleh 18.000 jiwa. Begitu besarnya bekas-bekas reruntuhan, maka disebut Great Zimbabwe Ruins.
Berdasarkan penelitian, bangunan itu dibangun pada abad ke-11, uniknya bangunan itu didirikan tanpa menggunakan semen. Tidak ada yang tahu pasti mengapa situs itu akhirnya ditinggalkan.

11. Peru’s Chavín de Huantar Ruins

Meskipun tidak setenar Machu Picchu, reruntuhan Chavín de Huantardi Peru juga merupakan Situs Warisan Dunia menarik yang berisi sisa-sisa artefak yang dibangun oleh Chavín, Inca pra-budaya, sekitar 900 SM

Situs ini berfungsi sebagai tempat berkumpul bagi orang-orang di daerah tersebut untuk berkumpul dan beribadah.

Tidak jelas mengapa budaya Chavín menghilang, meskipun beberapa percaya bahwa reruntuhan Chavín de Huantar menawarkan petunjuk tentang mengapa beberapa peradaban menghilang.

Kebanyakan teori menyebut musnahnya Chavín karena kondisi lingkungan termasuk terjadinya gempa bumi, sementara dugaan lain adalah perebutan kekuasaan.

12. Coral Castle, Monumen Cinta Yang Hilang, di Florida

Bagaimana menjelaskan seorang laki-laki bertinggi 5 feet dengan berat 100 pon, membangun taman yang rumit dengan menggunakan potongan-potongan batu karang yang masing-masing beratnya berton-ton? Coral Castle, di Homestead, Florida, merupakan sebuah keajaiban yang sulit dijelaskan akal sehat. Terlebih lagi, laki-laki yang membangun castle itu konon hanya berpendidikan setingkat kelas 4 SD.

Adalah Ed Leedskalnin, seorang imigran Latvia, yang membangun monumen yang disebut monumen cinta yang hilang. Aneh! Kisahnya,pembangunan monumen ini bak kisah roman yang mengharu biru. Ed Leedskaini mulai membangun castle itu pada tahun 1923, setelah ditolak cintanya oleh tunangannya di Latvia hanya beberapa hari sebelum pernikahan mereka. Dan ia pun mengabdikan hidupnya untuk menyelesaikannya (monumen).

Sayangnya, dia meninggal sebelum menumen cintanya selesai dibangun. Akan tetapi, setelah ia meninggal, 1951, konstruksi bangunan itu diteruskan pembangunannya.

Bukan kisah romantis ini yang bikin para ahli bingung, namun mereka heran dan takjub karena Leedskalnin, membangun sendiri benteng katang itu. Lebih bingung lagi, karena pria itu sebenarnya hanya berpendidikan hingga kelas empat, namun anehnya ia mampu membangun benteng yang rumit itu, sesuatu yang sebenarnya hanya bisa dilakukan oleh para ahli bangunan. Ini sungguh tak bisa dipahami. Bahkan seorang insinyur menyebut, bahkan Albert Einstein pun belum tentu mampu memahami keajaiban ini.

By ciciez

Puisi untuk Guru

Guru…

kau bagaikan orang tua ke -2 ku.
Suci dan iklas pemberian mu
Dari kami buta menjadi tau
Suci dan ikhlas pengorbanan mu
tiada ternilai jasa baik muEngkau mendidikku dengan penuh kasih dan sayangmu.
Walaupun Engkau sering marah padaku.
Tapi engkau memarahiku  karena kau ingin aku menjadi orang yang baik darimuNamamu selalu bergelora
Dalam hatiku
Jasa dan benih yang engkau tanam

akan selalu ingat dalam hidupku selamanya.

This slideshow requires JavaScript.

By ciciez

Salam Hangat Guys ^ ^

Buat temen – temen pecinta Blogger
Pertama – tama , sya perkenalkan dulu ,
Nama saya = Rizky Adisudibyo
Sekolah = SMPN 1 PASURUAN
Umur = 14 ( Laki – Laki )
My FB = Ciciez Re-volusionsz

– Semoga dengan mendatangi blog saya dapat menambah ilmu yang bermanfaat.
– Dapat Menambah temen dsb

By ciciez

Pengertian Zodiak

Apakah Pengertian Zodiak ? – Dalam astronomi, zodiak (Yunani: ζῳδιακός, zōdiakos) adalah cincin dari rasi bintang yang garis ekliptika, yang merupakan jalan yang jelas matahari di langit bola sepanjang tahun. Jalan Bulan dan planet juga terletak kira-kira di ekliptika, dan begitu juga konstelasi bintang dari zodiak. Dalam astrologi, zodiak yang membagi ecliptic menjadi dua belas zona bujur langit yang sama. Jadi, zodiak adalah sistem koordinat langit, atau lebih khusus suatu sistem koordinat ekliptika, mengambil sebagai asal dari lintang ekliptika, dan posisi matahari pada vernal equinox sebagai asal bujur.

Pengertian Zodiak
Hal ini diketahui telah digunakan oleh zaman Romawi, yang didasarkan pada konsep yang diwarisi dari periode astronomi astronomi Babel Helenistik Kasdim (SM pertengahan milenium pertama), yang, pada gilirannya, berasal dari daftar awal bintang sepanjang. Pengembangan zodiak digambarkan dalam Ptolemy’s Almagest (AD abad ke-2). Zodiac panjang juga dapat mengacu pada lingkup langit yang meliputi cara planet-planet sesuai dengan band sekitar delapan derajat busur di atas dan di bawah ekliptika.

Pengertian Zodiak dari sebuah planet yang diberikan adalah sebuah ramalan yang berisi path dari suatu tubuh tertentu, misalnya, “Moon zodiak” adalah sebuah band dari lima derajat di atas dan di bawah ekliptika. Dengan ekstensi, yang “zodiak komet” mungkin merujuk untuk memasukkan sebagian besar band komet periode pendek.

Zodiak Istilah berasal dari zōdiacus Latin, yang pada gilirannya berasal dari ζῳδιακὸς κύκλος Yunani (zōdiakos kuklos), yang berarti “lingkaran hewan”, berasal dari ζώδιον (zōdion), yang lebih kecil dari “binatang” ζῶον (Zoon) . Nama ini didorong oleh fakta bahwa separuh dari tanda-tanda hewan zodiak yang diwakili sebagai Yunani klasik (terlepas dari dua hibrida mitologis). Meskipun Pengertian Zodiak tetap menjadi dasar dari sistem koordinat ekliptika digunakan dalam astronomi selain ke khatulistiwa, syarat dan nama kedua belas tanda-tanda arus sebagian besar terkait dengan astrologi horoscopic.

 

Lingkaran Ekliptika

Di bola langit terdapat garis khayal yang disebut dengan lingkaran eliptika. Jika diamati dari bumi, semua benda tatasurya (planet,bulan dan matahari) beredar dilangit mengelilingi lingkaran eliptika . Keistimewaan dari keduabelas zodiak dibanding rasi bintang lainnya adalah semuanya berada di wilayah langit yang memotong lingkaran ekliptika. Jadi dapat disimpulkan zodiak adalah semua rasi bintang yang berada disepanjang lingkaran eliptika. Rasi-rasi bintang tersebut adalah:

  1. Capricornus: Kambing laut, Matahari berada di depan rasi ini selama 21 Jan – 16 Feb (26 hari)
  2. Aquarius: Pembawa Air, Matahari berada di depan rasi ini selama 16 Feb – 11 Mar (24 hari)
  3. Pisces: Ikan, Matahari berada di depan rasi ini selama 11 Mar – 18 Apr (38 hari)
  4. Aries: Domba, Matahari berada di depan rasi ini selama 18 Apr – 13 Mei (25 hari)
  5. Taurus: Kerbau, Matahari berada di depan rasi ini selama 13 Mei – 22 Jun (40 hari)
  6. Gemini: Si Kembar, Matahari berada di depan rasi ini selama 22 Jun – 21 Jul (29 hari)
  7. Cancer: Kepiting, Matahari berada di depan rasi ini selama 21 Jul – 10 Ags (20 hari)
  8. Leo: Singa, Matahari berada di depan rasi ini selama 10 Ags – 16 Sep (37 hari)
  9. Virgo: Gadis Perawan, Matahari berada di depan rasi ini selama 16 Sep – 31 Okt (45 hari)
  10. Libra: Timbangan, Matahari berada di depan rasi ini selama 31 Okt – 23 Nov (23 hari)
  11. Scorpius: Kalajengking, Matahari berada di depan rasi ini selama 23 Nov – 29 Nov (6 hari)
  12. Ophiuchus: Pawang Ular, Matahari berada di depan rasi ini selama 29 Nov – 18 Des (19 hari)
  13. Sagitarius : Si Pemanah, Matahari berada di depan rasi ini selama 18 Des – 21 Jan (34 hari)

Astrologi adalah ilmu yang menghubungkan antara gerakan benda-benda tatasurya (planet , bulan , dan matahari) dengan nasib manusia. Karena semua planet, matahari dan bulan beredar di sepanjang lingkaran ekliptik, otomatis mereka semua juga beredar di antara zodiak. Ramaalan astrologi didasarkan pada kedudukan benda-benda tatasurya di dalam zodiak.

Seseorang akan menyandang tanda zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiak pada tanggal kelahirannya. Misalnya, orang yang lahir awal desember akan berzodiak Saggitarius, Karena pada tanggal tersebut Matahari berada di wilayah rasi bintang Sagittarius. Kedudukan Matahari sendiri dibedakan antara waktu tropikal dan waktu sideral yang menyebabkan terdapat dua macam zodiak, yaitu  zodiak tropikal dan zodiak sideral.


 

By ciciez